ADIWIYATA

ADIWIYATA dan Generasi Ramah Lingkungan

Kemajuan teknologi serta industri yang pesat memang sangat berdampak terhadap keadaan lingkungan. Selain pencemaran,perkembangaan industri juga melahirkan generasi yang konsumtif akan teknologi baru. Memang hampir tidak terlihat. Namun hal ini dapat kita rasakan, terutama jika ada brand tertentu yang mengeluarkan produk generasi terbaru. Hmmmm pasti mengundang perhatian netizen untuk memilikinya.

Isu yang paling menjadi perhatian dunia adalah penghematan energi. penggunaan energi yang berlebihan dalam jangka panjang tentunya akan mempercepat pemanasan Global.

Beberapa waktu silam beberapa kader Adiwiyata SMABA mengadakan aksi peduli lingkungakan dan aksi hemat energi. aksi hemat energi ini dilakukan dengan mengajak para pengemudi yang ada di jalan untuk mematikan kendaraan ketika menunggu lampu hijau,

satu-satunya cara yang mungkin dapat ditempuh untuk mengatasi hal ini adalah dengan pembuatan produk yang ramah lingkungan, selain juga dengan pembentukan generasi ramah lingkungan.

Adiwiyata sendiri merupakan salah satu upaya guna membentuk karakter dalam diri  setiap siswa di indonesia. Kepandaian itu memang penting, akan tetapi jika kepandaian tanpa diikuti dengan karakter yang kuat tentunya juga kurang maksimal.

Karakter peduli lingkungan, karakter jujur serta karakter yang baik memang perlu ditanamkan sejak dini di dalam diri setiap siswa.

Nah sebagai sebuah sekolah yang menganut pendidikan yang berbasis lingkungan / SEKOLAH ADIWIYATA yang insya allah akan meningkatkan jenjangnya ke level ADIWIYATA MANDIRI SMA N 1 BANGUNTAPAN juga mempunyai kewajiban untuk menularkan ilmu-ilmu tentang ADIWIYATA ini ke sekolah-sekolah yang lain. Selain dalam kurikulum 2013 yang terbaru juga menekankan pendidikan berbasis lngkungan juga.

Jadi sebenarnya hal ini juga sangat berguna untuk meningkatkan kualitas output dari sekolah itu sendiri.

Leave a Reply