Jika kita membicarakan tentang Outdoor Learning, memang sudah sejak lama kegiatan ini menjadi bagian dari sebuah kegiatan pendidikan. Sebuah kegiatan pembelajaran memang seharusnya juga melibatkan kegiatan pengamatan lapangan. Nah sebagai kegiatan pengamatan lapangan itulah salah satu fungsi kegiatan ini. nah untuk itu, seorang sisiwa dituntut untuk bisa membuat sebuah karya ilmiah.
Memang, membuat karya tulis ilmiah adalah suatu kemampuan yang memang harus dimiliki oleh seorang siswa sma. Karena memang ketika kuliah nanti mereka akan terus berhadapan dengan hal ini. jadi alangkah baiknya jika sudah sejak dini siswa diajarkan tentang metode-metode yang biasa digunakan untuk membuat karya tulis ilmiah.
Hmmm untuk tahun pelajaran ini, Bandung, Lombok, dan Semarang merupakan paket pilihan yang menjadi tujuan outdoor learning kali ini. di bandung misalnya pabrik pengolahan keju chimori siswa-siswa bisa melakukan observasi. Entah nantinya ia akan mengambil bahan dari segi Strategi pemasaran, dampak sosaial bagi masyarakat atau bagaimana cara pabrik tersebut melakukan proses pengolahan limbahnya dll. Sedangkan bagi yang memilih tujuan observasi ke Lombok mereka bisa mengobservasi kebudayaan-kebusayaan dari suku sasak, baik itu dari sisi sejarah, ataupun pola tingkah laku dari masyarakatnya sendiri.
Huft,….
Memang belum lengkap jika ke semarang kalo belum melakukan kunjungan sejarah ke klenteng sam po kong. Dari segi mata pelajaran sejarah tentunya tempat ini merupakan tempat yang sangat mewakili. Disana ada banyak hal yang tentunya bisa digali lagi lebih dalam.