Permasalahan STUNTING dan Cara Mencegahnya

Hai, Gais Tahukah kamu bahwa Stunting masih menjadi masalah gizi utama bagi bayi dan anak di bawah usia dua tahun di Indonesia. Kondisi tersebut harus segera dientaskan karena akan menghambat momentum generasi emas Indonesia 2045.

Btw, Buat yang belum tau aja nih ya ?.. Stunting adalah kekurangan gizi pada bayi di 1.000 Hari Pertama Kehidupan yg berlangsung lama & menyebabkan terhambatnya perkembangan otak dan tumbuh kembang anak.

Stunting menunjukkan kekurangan gizi kronis yang terjadi selama periode paling awal pertumbuhan dan perkembangan anak. Tidak hanya tubuh pendek, stunting memiliki banyak dampak buruk untuk anak. Lantas, apa saja penyebab dan dampak dari kondisi ini?

Ada beberapa penyebab Stunting, diantaranya adalah :

  1. Pengetahuan Orangtua yang kurang memadai
  2. Infeksi berulang atau kronis
  3. Sanitasi yang buruk
  4. Terbatasnya layanan kesehatan

Stunting ini mempunyai dampak jangka panjang. Hingga bisa sampai usia tua. Untuk itu ini sangat penting untuk dicegah. Gizi yang baik adalah kunci dari pencegahan stunting. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa mencegah stunting:

  • Mengonsumsi makanan dengan kandungan nutrisi yang cukup selama hamil dan menyusui.
  • Memberikan memberikan ASI eksklusif dan Nutrisi yang cukup kepada Buah hati anda seiring denga pertambahan usia BALITA anda.
  • Rutin memeriksakan kehamilan serta pertumbuhan dan perkembangan anak setelah lahir.
  • Menerapkan pola hidup bersih dan sehat, mencuci tangan sebelum makan dan memiliki sanitasi yang bersih di lingkungan rumah.

Leave a Reply