Bantul (Humas Kemenag DIY)—Rohis (Rohani Siswa) Khidmatul Ummah SMAN 1 Banguntapan sukses menyelenggarakan MalFest #5 (SMABA Moslem Festival ) #5 menyambut HUT SMABA ke-38 bertajuk Pendidikan Karakter SMABA Harmony, Sabtu (18/11/2023). Kompetisi siswa di bidang keagamaan yang digelar secara ruti tiap tahun ini meliputi cabang lomba Pidato keagamaan (Putra-Putri), Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) (Putra-Putri) dan Musabaqah Hifzil Quran (MHQ). Lomba keagamaan ini melibatkan partisipasi aktif dari pelajar tingkat SMP dan MTs se-DIY. Kehadiran peserta dari berbagai sekolah di DIY menambah semarak dan keragaman dalam setiap perlombaan. Acara ini merupakan bentuk komitmen sekolah dalam mengembangkan spiritualitas dan kecintaan terhadap keagamaan di kalangan siswa.

Dalam sambutannya, kepala sekolah Dra. Yati Utami Purwaningsih, M.Pd., menyampaikan apresiasinya yang mendalam terhadap partisipasi aktif siswa dalam lomba ini. “Kegiatan MalFest ini akan terus kami laksanakan karena sangat sejalan dengan visi dan misi SMA Negeri 1 Banguntapan. Melalui acara ini, kami berharap dapat menanamkan nilai-nilai keagamaan yang kokoh dalam diri setiap siswa, sehingga mereka dapat menjadi generasi yang memiliki komitmen tinggi terhadap kebaikan dan kebenaran untuk menjadi Penyelamat Dunia Pewaris Surga. Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi pijakan untuk meningkatkan pemahaman dan praktik keagamaan di masa depan,” ujar Yati.

Acara ini dimeriahkan senandung Hadroh SMABA “Wildanul Hikmah” untuk penyambutan tamu/hadirin dan penampilan kelompok program PIN (Pendampingan Intensif) Tahfizh SMABA di awal pembukaan. Turut hadir dalam kegiatan ini para guru dan orang tua siswa peserta Malfest #5 yang turut disponsori oleh Catering Ibu Supardi Kotagede, Welddon Advertising, Labbaika Catering, dan pihak yang mendukung kesuksesan lomba keagamaan ini. Kegiatan ini akan terus menjadi bagian dari upaya bersama untuk meningkatkan pemahaman dan praktik keagamaan Islam di kalangan pelajar, serta mempererat tali silaturahmi antarsiswa se-DIY. Semoga HUT ke-38 ini menjadi tonggak prestasi dan kemajuan bagi SMA Negeri 1 Banguntapan dalam mewujudkan pendidikan berkualitas dan berkeadaban.

REKAPITULASI JUARA MALFEST #5

Juara Cabang Pidato Putra:

1. Ahmad Fawwas Khairul Majid ( SMP Negeri 10 Yogyakarta)

2. Ahmad Arrayan Ukasyah (SMP Negeri 2 Berbah)

3. Muhammad Nadhif Wajiih Mustofa (SMP MBS Pleret Bantul)

Juara Cabang Pidato Putri:

1. Adzka Nurul Fadhillah (MTsN 6 Bantul)

2. Vira Olivia Nanda (MTsN 2 Sleman)

3. Zilvanira Ainin Avis Alkhoiri (MTS Mu’alimat Muhammadiyah Yogyakarta)

Juara Cabang MTQ Putra:

1. Nur Amri Yahya (SMP Negeri 1 Yogyakarta)

2. Muhammad Nabil Adinata (SMP Negeri 3 Depok)

3. Ahmad Kaysa Afwan (MTs Negeri 2 Sleman)

Juara Cabang MTQ Putri:

1. El-fayis Faziza Sa’da Hermawan (PPM MBS Pleret)

2. Tsaabita Khansa Destiharisya (PPM MBS Pleret)

3. Zahra Nisrina Atharihah (SMP Muhammadiyah 1 Berbah)

Juara Cabang MHQ :

1. Villia Cantika Shinta Vadela (SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta)

2. Nisrina Shafa Nabilah (SMP Negeri 8 Yogyakarta)

3. Muhammad Nadav Abia (SMP Negeri 8 Yogyakarta) (aam/bap)

Sumber : Kemenag DIY

Leave a Reply